Self Service Laundry: Kelebihan, Kekurangan, Keuntungannya

  • Home
  • Self Service Laundry: Kelebihan, Kekurangan, Keuntungannya

Serawai Digital – Trend Bisnis Self Service Laundry saat ini sudah semakin menjamur dikalangan pengusaha laundry.

Jenis usaha laundry yang satu ini terbilang sangat menguntungkan, baik dari segi pasar, maupun dari segi efisiensi waktu.

Layanan seperti self service ini sudah sangat populer di Luar Negeri, sekarang Anda pun bisa merasakannya di Indonesia.

Lalu apa sih sebenarnya self service laundry itu? Berikut penjelasan lengkap mulai dari pengertian, keuntungan dan kekurangannya.

Apa Itu Self Service Laundry

Self Service Laundry adalah sebuah layanan laundry di mana pelanggan bisa mencuci, menyetrika dan mengeringkan pakaiannya sendiri.

Biasanya untuk jenis usaha Laundry yang satu ini menggunakan sistem koin, yang juga dikenal luas dengan istilah Laundry Koin.

Cara kerjanya adalah si penguasa akan menyediakan semua peralatan yang dibutuhkan konsumen. Nantinya, konsumen bisa menggunakannya secara mandiri.

Nah, agar konsumen bisa menggunakan peralatan yang diperlukan, maka konsumen harus menggunakan koin untuk mengoperasikan peralatan yang diinginkan.

Peluang Pasar Laundry Self Service

Berbicara mengenai bisnis Laundry memang tidak ada habisnya, pasalnya bisnis yang satu ini sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Di mana orang saat ini lebih suka dengan yang serba cepat dan mudah, Laundry adalah solusinya untuk mengatasi semua hal tersebut.

Jika biasanya orang ke laundry masih dengan cara manual, atau datang dan memberikan cucian ke petugas atau karyawan laundry.

Berbeda dengan Laundy Koin yang menyediakan layanan Self Service, seperti penjelasan diatas tadi.

Self Service Laundry dipercayai memiliki peluang pasar yang lebih luas dan menguntungkan untuk pelaku usaha.

Karena memiliki sistem yang modern, cepat dan pastinya murah untuk semua kalangan yang ingin menggunakan mesin dan jasa Laundry tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Buat Iklan Laundry di Facebook, Instagram, Tiktok & Google Serta Contoh Gambar

Kelebihan dan Kekurangan Self Service Laundry

Pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan dari sistem self service ini. Nah, jika Anda berminat menjalankan bisnis Laundry, boleh simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

1. Kelebihan

  • Bianya operasional rendah
  • Efisien
  • Flexibelitas
  • Kebebasan
  • Potensi pasar luas
  • Kemudahan pembayan

2. Kekurangan

  • Kekurangan pengelolaan
  • Supervisi kurang
  • Peralatan rawan rusak
  • Mentoring rendah
  • Pemeliharaan lingkungan
  • Ketergantungan pelanggan

Baca Juga : 6+ Cara Menarik Pelanggan Laundry Agar Ramai dan Laris

Tips Bisnis Laundry Self Service Agar Aman dan menguntungkan

tips bisnis laundry self service

Jika Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari sistem bisnis laundry yang satu ini, namun masih ingin memulainya menjadi sebuah bisnis. Maka Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

1. Menyiapkan Modal

Untuk memulai usaha Laundry Self Service dengan sistem koin ini, Anda bisa menyiapkan budget modal sebesar Rp 88 juta sampai Rp 160 juta.

Modal awal ini sudah termasuk semua perlatan dan kebutuhan Laundry, termasuk mesin cuci, peralatan seperti setrika, hingga mesin koin untuk pelanggan.

2. Memaksimalkan Sempit Ruang Laundry Minimalis

Dengan sistem koin dan peralatan yang cukup banyak, Anda perlu memaksimalkan pemanfaatan room untuk laundry.

Nah, untuk melihat konsep yang pas dan menarik dalam menjalankan bisnis ini. Anda bisa melihat room laundry pelaku usaha lain yang sudah memulainya.

Dengan memaksimalkan Sempat ruang laundry minimalis, maka anda bisa memanfaatkan ruang kecil untuk memulai usaha yang satu ini.

3. Pastikan Selalu Cek Kondisi Peralatan

Karena sistem dari Self Service Laundry pelanggan dapat mengoperasikannya sendiri, maka Anda harus extra dalam pengawasan perlatan.

Anda bisa cek ruting kondisi peralatan secara berkala agar tidak terjadi kesalahan nantiya saat pelanggan menggunakan perlatan yang dibutuhkan.

4. Promosikan Bisnis Lewat Website, Iklan dan Google Maps

Nah, salah satu kunci sukses dari bisnis Laundry adalah melakukan kegiatan promosi. Anda bisa menggunakan banyak metode.

Mulai dari menggunakan website laundry. Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan layanan lengkap dengan harga koin dan kelebihan bisnis Anda.

Menggunakan Jasa iklan di Facebook, Instagram dan Sosial Media lainnya. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari sosial media.

Menggunakan Google Maps/google my business. Ini sangat penting untuk Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Dengan cara ini, maka ketika ada yang mencari rekomendasi Laundry Terdekat, maka bisnis Anda akan muncul.